Dokumen Yang Dibutuhkan Bank Dalam Pengajuan Kartu Kredit

Dokumen Kartu Kredit Dokumen Yang Dibutuhkan Bank Dalam Pengajuan Kartu Kredit
Dokumen yang dibutuhkan bank dalam pengajuan kartu kredit kami kelompokkan menjadi 3 bagian. Karena itu sebaik Anda terlebih dahulu memahami tentang hal tersebut agar permohonan pengajuan kartu kredit Anda disetujui. Karena sangat disayangkan jika dokumen yang Anda lampirkan ternyata tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Maka mohon Anda baca penjelasan dibawah ini tentang Dokumen Yang Dibutuhkan Dalam Pengajuan Kartu Kredit :

1. Dokumen Identitas

Dokumen identitas yaitu dokumen wajib yang harus dimiliki dan dilampirkan oleh seorang pemohon pengajuan kartu kredit. Tanpa adanya dokumen ini, maaf Anda hanya bisa bermimpi memiliki kartu kredit, tetapi jangan pernah berharap memiliki kartu kredit.

Dokumen ini membuktikan bahwa Anda sebagai seorang warga negara yang sah di mata hukum. Dokumen identitas misalnya KTP, SIM atau Paspor. Ada juga beberapa bank yang berkenan memproses pengajuan kartu kredit dari pemohon yang berkewarganegaraan negara asing, yaitu dengan melampirkan KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara) atau atau KIMS (kartu Izin Menetap Sementara).

Alasanya bank memberikan kartu kredit kepada warga negara asing karena warga negara asing sudah terbiasa menggunakan kartu kredit di negaranya untuk keperluan aktifitas financial sehari-hari. Jadi melampirkan dokumen pada pengajuan kartu kredit seperti Paspor dan terutama KITAS atau KIMS adalah ditujukan untuk warga negara asing.

2. Dokumen Administrasi

Dokumen administrasi yaitu dokumen yang wajib pula Anda lampirkan selain dokumen bukti identitas diri. Dokumen ini menjadi salah satu penilaiannya menentukan jenis kartu kredit (Silver, Gold dan Platinum) yang akan diberikan dan menetukan besarnya limit kartu kredit yang akan diberikan oleh bank. Karena pada dokumen administrasi ini berisi tentang penghasilan Anda dalam sebulan.

Dokumen administrasi ini berupa Slip Gaji dan Surat Keterangan Penghasilan untuk karyawan atau profesional. Untuk PNS melampirkan Fotocopy SK Pengangkatan. Sedangkan bagi Wirausaha wajib melampirkan print out rekening usahanya (tabungan atau giro) selama 3 bulan terakhir dan SIUP (Surat Izin Usaha Pendirian) atau TDP (Tanda Daftar Perusahaan).

Untuk pemohon yang memiliki kartu kredit, dokumen administrasinya fotocopy kartu kredit dan tidak perlu melampirkan slip gaji atau print rekening tabungan 3 bulan akhir.

Untuk NPWP sebelumnya tidak wajib melampirkan tetapi dengan peraturan yang baru maka NPWP wajib dilampirkan.

Baiknya Anda baca artikel : Beberapa Bentuk Kertas Slip Gaji Diterima Karyawan

3. Dokumen Pendukung

Dokumen Pendukung yaitu dokumen yang tidak wajib dilampirkan, tetapi jika dilampirkan akan menambah penilaian analis kredit. Bentuk dokumennya adalah fotocopy lembar tagihan kartu kredit 1- 3 bulan terakhir atau dokumen selain tersebut diatas.

Untuk lebih jelasnya singkat penjelasan diatas, Anda bisa melengkapi Dokumen Yang Dibutuhkan Dalam Pengajuan Kartu Kredit seperti penjelasan dibawah ini :

A. Jika Pemohon Belum Memiliki Kartu Kredit

Karyawan Swasta / Pegawai Negeri Sipil (PNS) :
-Fotocopy KTP.
-Slip gaji / SKP (Surat Keterangan Penghasilan).
-Fotocopy SK Pengangkatan (untuk PNS).
-Fotocopy NPWP atau SPT 21.

Wirausaha :
-Fotocopy KTP.
-Fotocopy rekening tabungan atau giro 3 bulan terakhir.
-Fotocopy akta pendirian/SIUP/TDP.
-Fotocopy NPWP/SPT 21.

Profesional :
-Fotocopy KTP
-Slip gaji / SKP (Surat Keterangan Penghasilan).
-Fotocopy Surat Izin Praktek/ SK Profesi.
-Fotocopy NPWP/SPT 21.

B. Jika Pemohon Sudah Memiliki Kartu Kredit

Karyawan swasta/PNS, Wirausaha dan Profesional :
-Fotocopy KTP.
-Fotocopy Kartu Kredit.
-Fotocopy NPWP/SPT 21.

Demikianlah artikel Dokumen Yang Dibutuhkan Dalam Pengajuan Kartu Kredit kami informasi untuk Anda, Kami berharap semoga bertambah pemahaman Anda tentang kartu kredit sehingga selanjutnya kartukreditmaster.com dapat menjadi teman Anda, yang selalu hadir memberikan informasi bermanfaat.

Dan tak lupa kami mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan.

Terimaksih atas waktu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *