Perlu Anda Ketahui Jenis Bunga Dalam Pengajuan KTA ?

Jenis Bunga KTA Perlu Anda Ketahui Jenis Bunga Dalam Pengajuan KTA ?
Sebelum Anda mengajukan pinjaman KTA baiknya Perlu Anda Ketahui Jenis Bunga Dalam Pengajuan KTA ?.
Berikut ini adalah penjelasan tentang jenis bunga dalam pengajuan KTA sebagai berikut :

Secara umum terdapat 3 (tiga) jenis penghitungan bunga oleh bank untuk produk pinjamannya, termasuk untuk produk pinjaman KTA. 3 jenis penghitungan bunga oleh bank yaitu sebagai berikut:

 

1. Suku Bunga Flat

Suku bunga flat atau bunga tetap yaitu perhitungan bunga dimana setiap bulan angsurannya sama, cicilan bunganya sama, dan begitu juga cicilan pokoknya sama. Umumnya perhitungan bunga ini dipakai pada Pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan). Dalam pinjaman bunga flat, plafon pinjaman dan besarnya bunga akan dihitung secara proposional sesuai dengan jangka waktu kredit. Nilai bunga akan tetap sama setiap bulan, karena bunga dihitung dari prosentasi bunga dikalikan pokok pinjaman awal. Tetapi intinya dipahami bahwa cicilan pembayaran angsuran angsuran setiap bulan akan sama besarnya dan tidak akan berubah.

Mohon baca juga artikel :

Cara Aktivasi Mobile Banking BCA dan Internet Banking BCA

Perhitungan Biaya Kelebihan Pemakaian atau Over Limit Kartu Kredit


2. 
Suku Bunga Efektif

Dalam pinjaman dengan bunga efektif atau kadang disebut sliding rate, perhitungan bunganya dilakukan pada setiap akhir periode angsuran. Dimana bunga pinjaman dihitung dari saldo akhir setiap bulannya, yaitu bunga pinjaman dihitung berdasarkan nilai pokok yang belum dibayar. Jadi besar bunga per bulan akan berubah-ubah karena berdasarkan nilai pokok yang belum dibayar atau masih terutang. Maka besar nilai bunga yang dibayar debitur setiap bulan akan semakin mengecil. Karena nilai bunganya yang dibayar mengecil, maka otomatis angsuran per bulan akan semakin menurun dari waktu ke waktu. Sehingga angsuran bulan kedua pasti lebih kecil daripada angsuran bulan pertama, dan begitu seterusnya.

Mohon baca juga artikel :

Bayar Tagihan Minimal 10 Persen DARI Limit Kartu Kredit Jangan DARI Total Tagihan

Menangani Situasi Darurat Dimana Anda Sudah Tidak Sanggup Bayar Kartu Kredit

 

Berlanjut ke halaman selanjutnya …………

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *